Kegiatan Organisasi Bukanlah Hambatan

100_7042Hai dear, baru saja saya mem-follow up sebuah pelatihan pada salah satu pondok pesantren di Pulau Madura, sebuah pelatihan dasar yang di ikuti oleh 25 peserta dari berbagai macam daerah. Sebuah pelatihan yang bertemakan tentang “Manajemen Waktu” berjalan selama 5 jam dan pelatihan tersebut membawa dampak yang sangat besar bagi perubahan manajemen waktu peserta pelatihan tersebut, dapat dilihat perubahan itu dari kuisioner yang dibagikan saat pra dan pasca acara pelatihan yang ditunjukkan sekitar 85% peserta pelatihan mampu merubah cara mereka dalam memenej waktu mereka.

Dalam kegiatan follow up tersebut ada salah satu peserta yang curhat sekaligus bertanya.

“Saya merasa waktu saya sangat kurang, tiap hari saya harus kuliah dan mengurus sebuah organisasi intra, disisi lain saya juga punya kewajiban pada organisasi ekstra saya. Nilai kuliah saya selalu anjlok karena organisasi tersebut. Apakah ada cara agar saya bisa memenej waktu dengan baik sehingga saya bisa aktif berorganisasi serta baik dalam akademis?”

Read the rest of this entry

Advertisements

Tips Diet Versi Mahasiswa Psikologi

diet1Mas, punya tips diet kah? tanya seorang mahasiswi kepada saya. Hmm, ada! Yuk ikuti tips diet versi saya mahasiswa psikologi:

1. Harus tidur dalam waktu yang ideal, yakni 5 – 8 jam tidak kurang dan tidak lebih.
2. Olahraga dengan teratur dan konsisten (Say NO!!! to MALAS!!!), tidak harus olahraga berat, cukup yang ringan saja asal konsisten.
3. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, jadi asupan gizi dan protein harus terpenuhi agar dapat menunjang aktivitas sehari-hari kita. (Jangan pernah bunuh diri dengan cara tidak makan dengan alasan DIET)
4. Selalu menjaga emosi, kestabilan psikis, karena orang yang sedang sumpek, boring, bete cencerung mengkonsumsi makanan dengan cara tak beraturan. (Sak Karepe Dewe).
5. DUIT (Doa, Usaha, Ikhlas dan Tawakkal). Penting?!? Iyaa!! sangat penting. Doa, mohonlah agar diberi kesehatan jasmani dan rohani serta ke-idealan tubuh semata-mata agar mempermudah dalam beribadah kepada-Nya. Usaha, lakukanlah yang terbaik untuk tubuh kita agar menjadi tubuh sesuai dengan yang kita harapkan. Ikhlas, tidak boleh mengeluh dan selalu ikhlas menerima seperti apapun bentuk tubuh kita. Tawakkal, yakinlah dengan kita bertawakkal pastilah Dia akan membantu kita dalam menjalani proses diet.

Terbukti…!!! Tanpa obat, tanpa alat, pasti bisa! Insyaallah. Sudah banyak yang membuktikan, sekarang giliran anda.

Ta’aruf dan Outbound Psikologi

IMG_1880Acara Ta’aruf dan Outbound sudah tinggal menghitung hari saja guys!!! Acara rutin tahunan DEMA Fakultas Psikologi yang dikhususkan untuk Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi ini memang tergolong istimewa, mulai dari konsep ta’aruf yang sangat psikologis hingga kegiatan outbound yang unik dan menarik disuguhkan oleh segenap panitia dan tim Outbound yang memang sudah professional.

Tak hanya itu saja, peserta (MABA Psikologi) dari kegiatan ini nantinya akan dibekali dengan banyak materi yang sangat bermanfaat, semisal Analisa Diri, Kepemimpinan, Manajemen Waktu, Kontrol Diri, Tekhnik Berorganisasi, Problem Solving, dan masih banyak lainnya. Tak hanya materi yang disuguhkan akan tetapi mereka akan mengaplikasikan secara langsung apa yang sudah didapatkan saat itu.

Dalam kegiatan ini pula peserta akan dikenalkan lebih dekat dengan Mahasiswa Psikologi lainnya yang telah berkarya dan berkontribusi di Fakultas, sehingga peserta bisa sharing dan bertukar fikiran dengan mereka. Dan juga peserta akan dikenalkan lebih jauh tentang Fakultas dan seluruh komponen-komponen didalamnya termasuk SEMA, DEMA dan Komunitas-komunitas lainnya. Read the rest of this entry

Disini Tidak Nyaman

Zona-Nyaman-Kok-DitinggalkanPernah gak anda merasa tidak nyaman berada disebuah lingkungan yang baru atau bahkan dilingkungan yang memang sudah familiar bagi anda? Dari mana sih perasaan tidak nyaman itu muncul? Atau faktor apa yang menyebabkan anda merasa tidak nyaman berada dilingkungan tersebut?

Setiap orang pasti pernah merasakan hal itu, baik dilingkungan kerja, kampus, kos, keluarga, dsb. Tapi tahukah anda, perasaan itu muncul karena ada faktor atau hal yang tidak anda senangi, hal ini bisa berbagai macam bentuknya. Semisal anda merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja anda, coba anda perhatikan dan introspeksi diri apa yang menyebabkan anda tidak nyaman, mungkin anda tidak senang dengan warna dinding kantor anda, cobalah sebisa mungkin anda merubah warna dinding tersebut dengan warna kesukaan anda, pastinya anda harus sudah mendapatkan izin dari atasan anda.

Jangan gegabah dalam mengambil sebuah keputusan, pikirkan matang-matang sebelum anda bertindak karena apa yang anda putuskan anda pulalah yang akan menjalani, ketika putusan itu baik maka anda akan merasa baik dalam menjalankannya, begitupula sebaliknya ketika putusan itu buruk maka anda pula yang akan merasakan keburukannya. Read the rest of this entry

KANTIN-nya Dimana?

kantinSiang itu aku sedang duduk disamping Fakultas Psikologi menunggu seorang teman yang membawa motor bermaksud untuk menumpang menuju kosku yang berada didaerah Joyogrand, saat itu aku ditemani seorang wanita yang kocak banget bernama Kiky, dia itu senior dikampusku. Kami berdua ngobrol panjang lebar, mulai dari membahas tentang kuliah hingga skripsi. Tiba-tiba datang tiga orang mahasiswa menghampiri kami, salah satu dari mereka menyapa kami.

“Permisi mas mbak, mau tanya kantin dikampus ini ada dimana ya?” sontak saja aku dan Kiky kaget sambil tertawa.

“Kantin ma’had apa kantin mana mas?” sahut Kiky.

“Emang kantin disini ada banyak ya mbak?” sambung pria tadi disambut tawa lantang dari aku dan Kiky.

“Mas sendiri dari mana ya?” aku mencoba mengorek informasi.

“Kami dari STIKI mas” jawab pria itu.

“Maaf mas kalau dikampus sini gak ada kantinnya, adanya cuma di asrama putra atau putri” sahutku.

“Oh, terimakasih mas mbak” respon pria itu sambil ngeloyor pergi. Read the rest of this entry

KEPO? Boleh Gak Ya?

KEPO14Masing-masing dari kita pasti pernah ‘KEPO’ terhadap apa yang disampaikan oleh rekan kita, lebih-lebih jika yang disampaikan itu terasa janggal menurut kita, semisal ada rekan yang tiba-tiba bertanya “Hari sabtu nanti anda sibuk tidak?” ada apa dengan hari sabtu? apa yang akan dia lakukan terhadap kita? tanda tanya besar akan muncul dalam benak kita, ditambah lagi jika respon dari rekan kita cukup membuat kita bingung tujuh keliling sehingga muncullah perilaku ‘KEPO’ dengan sendirinya.
Tidak hanya kejadian seperti itu yang bisa menjadikan perilaku ‘KEPO’ itu muncul, banyak hal yang bisa memunculkan hal tersebut, tapi dalam tulisan ini maman hanya akan membahas tentang pernyataan yang mengganjal. Yuk simak opini maman tentang hal tersebut.
Suatu malam tepatnya malam selasa, maman dichat oleh seorang wanita kenalannya melalui Blackberry Messenger, maman sudah lama kenal dengan wanita tersebut, tapi malam itu maman dibikin bingung oleh wanita yang dikenalnya itu, pada chatnya wanita itu menuliskan “Sabtu kakak sibuk gak?” tentu saja maman kaget dengan pertanyaan tersebut. Ada apa dengan hari sabtu? pikir maman. Dengan rasa penasaran dibalaslah chat tersebut “Nggak, kenapa?”, “Gak ada apa-apa, tanya aja”.
Nah lho?! tambah bingunglah si maman dengan pernyataan wanita itu. Coba sekarang pembaca yang budiman pikirkan, apa kira-kira keinginan wanita itu? kenapa harus hari sabtu? kenapa bukan senin, selasa, rabu, kamis, jumat atau minggu? bagaimana jika hal itu terjadi pada anda?
Okelah mungkin kalau hari senin sampai jumat maman sedang sibuk dengan aktivitas kampusnya, tapi hari minggu? Saat ini maman masih bingung dengan hal tersebut, jika wanita itu menanyakan tentang hari sabtu barangkali hari sabtu itu hari yang panjang buat diskusi karena sabtu itu adalah hari libur, tapi kenapa ketika ditanya jawabannya selalu “Cuma tanya aja”. Read the rest of this entry

KINI IN ACTION

Kembali Ke Islam, Kembali Ke Fitrah

ARTLESSLY FIT

Health & fitness in the most simple, cost-effective and straightforward ways

MEDITASITE

Fadlur Rahman Official Site

Obat Ambeien Indonesia

Mengobati Ambeien Atau Wasir Dengan Cepat Dan Aman Yakni Ace Maxs Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Jari Manis Indonesia

Aktivasi kekuatan Pikiran

Mega Putih Outbound Provider

Your Partner Of Improvement!

Wisata Kuliner Arema

Find Food For Mood

Melancholia

a pleasure of being sad.

Tips dan Tricks

Indahnya Bebagi

bcrita.com

Bercerita Mengenai Informasi dan Inspirasi Terkini