Pacaran? Itu Cinta Monyet!


“Pria yang benar-benar mencintaimu tak akan mudah untuk menyatakan cintanya, karena dia tau amanah yang sangat besar akan ia emban setelah dia mengungkapkan cintanya” #IdeMaman

Istilah cinta monyet seringkali kita dengar sewaktu kita masih dibangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, istilah tersebut menjadi sebutan bagi siswa-siswi yang berpacaran. Namun, menurut penulis sebutan cinta monyet itu berlaku untuk kedua pasangan (pacaran) hingga kedua pasangan tersebut terikat oleh satu ikatan yang disebut dengan “Ijab Qobul”.

Mengapa demikian?

Sebelumnya kita akan membahas tentang apa itu cinta monyet. Dari hasil lirik-lirik di dunia google, penulis menemukan banyak arti tentang apa itu cinta monyet, namun pada intinya semuanya sama. Cinta monyet adalah (1) hubungan asmara yang tidak mungkin bertahan lama; (2) hubungan yang tidak terlalu serius, perasaan suka yang hanya sesaat yang biasanya dialami oleh anak-anak muda dan remaja terhadap lawan jenisnya; dan (3) cinta monyet juga dikenal dengan “crush”, cinta seorang anak atau remaja kepada orang yang lebih tua.

Setelah mengetahui apa arti cinta monyet, apa kamu masih yakin cintamu benar-benar setia atau cinta dia benar-benar untuk kamu? Kalau belum yakin, yuk kita lanjutkan pembahasannya.

Penulis melakukan sedikit interview pada tiga siswa (2 siswi, 1 siswa) dan tujuh mahasiswa (4 mahasiswi, 3 mahasiswa), yang penulis tanyakan hanyalah seputar cinta, pacaran dan komitmen. Dari sepuluh subjek, penulis menemukan delapan jawaban yang sama dari sebuah pertanyaan “apakah kamu sudah yakin selalu bersamanya?” dan jawabanya yaitu “saya masih ragu dengan dia”. Selain itu, pada pertanyaan “bagaimana caranya agar kamu percaya dia akan selalu bersamamu?” tujuh diantara mereka menjawab “aku akan yakin kalau antara kami sudah ada ikatan resmi seperti tunangan atau menikah”. Dari sini penulis menarik kesimpulan bahwa sebelum adanya ikatan resmi (menikah) seseorang masih ragu dengan pasangannya, hal tersebut kebanyakan akan menjadi beban pikiran dan cenderung akan membuat ikatan pacaran menjadi putus. Apakah salah jika penulis mengatakan orang pacaran hanyalah cinta monyet semata?

Sekarang kembali pada quote di awal tulisan ini. Mengapa penulis mengatakan bahwa pria yang benar-benar mencintai seorang wanita tak kan mudah untuk menyatakannya? Karena cinta yang sesungguhnya adalah ketika pria tersebut berani melakukan apapun untuk wanita yang ia cintai. Lalu apa amanah yang sangat besar seperti yang disebutkan dalam quote tersebut? Amanahnya adalah wanita yang ia cintai.

Ijab qobul bukan hanya sekedar janji biasa, ia memiliki kekuatan dan pengaruh yang sangat besar baik didunia maupun di akhirat. Kalimat ijab yang seringkali kita dengar adalah “wahai fulano bin fulan, saya nikahkan dan saya kawinkan putri saya fulanah binti Fulani dengan mas kawin……”, padahal makna yang sesungguhnya dari kalimat itu adalah “saya menyerahkan sepenuhnya hak dan kewajiban saya kepadamu, dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya mulai saat ini adalah tanggung jawabmu”. Tidak berhenti sampai disitu saja, kalimat qobul tidak sesederhana yang kita pikirkan “saya terima nikah dan kawinnya fulanah binti fulani dengan mahar tersebut, tunai!”, makna yang terselip dari kalimat itu adalah “saya menerimanya, maka saya tanggung dosa-dosa dia dari ayah dan ibunya, dosa apa saja yang telah dia lakukan, dari tidak menutup aurat hingga ia meninggalkan sholat. Semua yang berhubungan dengan si dia, saya yang menanggungnya dan bukan lagi orangtua yang menanggung. Serta akan saya tanggung semua dosa calon putra-putriku jika aku gagal.”

Apakah kamu masih mau bermain-main dengan cinta?

“Cintailah cinta seperti kamu mencintai cintamu dengan sepenuh cinta”

Ide Maman

Advertisements

About Admin

Menyelami Dunia Aktivis...

Posted on 1 September 2016, in ARTIKEL, PEMIKIRAN BIASA and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

NALAR PSIKOLOGI

Mengungkap Istilah, Konsep Teori para Tokoh Psikologi, serta Rekam Jejaknya dalam Lantunan Sejarah, Perkembangan, hingga Masa Kejayaan

KINI IN ACTION

Kembali Ke Islam, Kembali Ke Fitrah

ARTLESSLY FIT

Health & fitness in the most simple, cost-effective and straightforward ways

MEDITASITE

Fadlur Rahman Official Site

Obat Ambeien Indonesia

Mengobati Ambeien Atau Wasir Dengan Cepat Dan Aman Yakni Ace Maxs Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Jari Manis Indonesia

Aktivasi kekuatan Pikiran

Mega Putih Outbound Provider

Your Partner Of Improvement!

Wisata Kuliner Arema

Find Food For Mood

Melancholia

a pleasure of being sad.

Tips dan Tricks

Indahnya Bebagi

%d bloggers like this: