Cinta Menulis


Saya ingin seperti bapak Prof. Dr. Imam Suprayogo yang selalu istiqomah menulis setiap hari. Selalu saja ada ide inspiratif yang dapat menjadi bahan tulisannya, baik itu tentang pemberitaan yang sedang tren, kegiatan beliau sehari-hari, hal-hal unik disekitar beliau atau hanya sekedar tulisan biasa namun selalu menarik untuk dibaca.

Beberapa waktu lalu saya membaca tulisan beliau (lupa judulnya), dalam tulisan itu beliau memberikan tips dan trik untuk selalu istiqomah menulis setiap hari. Apa yang beliau tulis tak lain hanyalah sesuatu yang sedang bergejolak dalam pikiran beliau. Selalu saja ada ide yang bisa beliau tuangkan kedalam tulisan, bahkan dalam satu hari beliau bisa mempunyai tiga atau lebih topik yang ingin beliau tuangkan dalam tulisan, namun beliau hanya mengambil satu topik yang dirasa lebih tepat untuk ditulis pada hari itu, dan sisanya disimpan untuk kemudian beliau tuangkan dalam tulisan dihari berikutnya. Seringkali, topik yang sudah beliau simpan untuk ditulis dihari berikutnya tak akan terpakai karena beliau menemukan topik baru yang lebih tepat untuk beliau tulis pada hari tersebut.

Sehari itu ada dua puluh empat jam, satu jam itu enam puluh menit. Setiap menit bahkan setiap detik anda beraktifitas, untuk memunculkan satu ide dalam waktu satu jam itu sangat mungkin, bahkan pada saat anda tidurpun bisa menjadi ide yang dapat anda tuliskan kedalam sebuah tulisan, tinggal bagaimana anda mengolahnya. Jadi tidak ada alasan untuk sebuah topik tulisan, karena setiap gerak gerik kita jika dituangkan dalam bentuk tulisan akan menjadi tulisan yang sangat indah.

Tips lainnya adalah, tulis saja apa yang ingin ditulis, tidak perlu takut salah dan jangan ragu untuk menulis. Tuangkan semua apa yang ada dalam pikiran kedalam bentuk tulisan, setelah selesai anda akan tahu bagian mana yang kurang dan bagian mana yang kurang tepat penempatannya.

Saya setuju dengan pendapat Bapak Prof. Imam Suprayogo, andai saja mahasiswa diberi kebebasan dalam menulis tugas akhirnya, dalam artian tidak harus diatur dengan format dan tata penulisan yang sangat kaku (njelimet), hasil karyanya pasti dibaca orang banyak dan mungkin saja menjadi best seller. Lihat saja di perpustakaan, berderet-deret hasil karya ilmiyah mahasiswa akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi) yang hanya menjadi pajangan dan masih baru karena jarang bahkan hampir tak pernah disentuh, sekalipun disentuh kebanyakan hanya akan menjadi bahan acuan (Copy Paste) untuk mahasiswa lainnya. Inilah salah satu perusak generasi muda yang seharusnya mereka membuat produk sendiri, berinisiatif dengan ide-ide kreatif mereka sendiri dan bukan hasil jiplakan milik orang lain.

Tak perlu takut salah, anda cukup menulis apa saja yang ingin anda tulis. Jangan jadikan “Cara Menulis yang Baik dan Benar” sebagai hantu yang selalu membayangi anda, karena lambat laun setelah anda sering menulis, tulisan anda tak akan kalah dengan tulisan para penulis terkenal.

Perbanyak membaca. Dengan membaca anda bisa memperluas pengetahuan anda, memperkuat ingatan anda, memperbanyak kosa kata anda, dan dapat mempertajam Bahasa dalam tulisan anda. Semakin banyak pengetahuan dan kosa kata, anda akan mampu mengolah Bahasa dalam tulisan sehingga mudah untuk dimengerti dan dicerna oleh orang banyak.

Itu saja tulisan saya hari ini, saya juga baru belajar menulis. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi orang yang membaca tulisan ini, karena orang yang gak baca tulisan ini gak akan tau apa yang ada dalam tulisan ini.

TAKLUKKAN DUNIA DENGAN CORETAN PENAMU!!!

Ide Maman

Advertisements

About Admin

Menyelami Dunia Aktivis...

Posted on 31 August 2016, in ISENG-ISENG, PEMIKIRAN BIASA and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

KINI IN ACTION

Kembali Ke Islam, Kembali Ke Fitrah

ARTLESSLY FIT

Health & fitness in the most simple, cost-effective and straightforward ways

MEDITASITE

Fadlur Rahman Official Site

Obat Ambeien Indonesia

Mengobati Ambeien Atau Wasir Dengan Cepat Dan Aman Yakni Ace Maxs Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Jari Manis Indonesia

Aktivasi kekuatan Pikiran

Mega Putih Outbound Provider

Your Partner Of Improvement!

Wisata Kuliner Arema

Find Food For Mood

Melancholia

a pleasure of being sad.

Tips dan Tricks

Indahnya Bebagi

bcrita.com

Bercerita Mengenai Informasi dan Inspirasi Terkini

%d bloggers like this: