Kegiatan Organisasi Bukanlah Hambatan


100_7042Hai dear, baru saja saya mem-follow up sebuah pelatihan pada salah satu pondok pesantren di Pulau Madura, sebuah pelatihan dasar yang di ikuti oleh 25 peserta dari berbagai macam daerah. Sebuah pelatihan yang bertemakan tentang “Manajemen Waktu” berjalan selama 5 jam dan pelatihan tersebut membawa dampak yang sangat besar bagi perubahan manajemen waktu peserta pelatihan tersebut, dapat dilihat perubahan itu dari kuisioner yang dibagikan saat pra dan pasca acara pelatihan yang ditunjukkan sekitar 85% peserta pelatihan mampu merubah cara mereka dalam memenej waktu mereka.

Dalam kegiatan follow up tersebut ada salah satu peserta yang curhat sekaligus bertanya.

“Saya merasa waktu saya sangat kurang, tiap hari saya harus kuliah dan mengurus sebuah organisasi intra, disisi lain saya juga punya kewajiban pada organisasi ekstra saya. Nilai kuliah saya selalu anjlok karena organisasi tersebut. Apakah ada cara agar saya bisa memenej waktu dengan baik sehingga saya bisa aktif berorganisasi serta baik dalam akademis?”

Tau gak kenapa seringkali mahasiswa yang ikut dalam berbagai macam organisasi selalu mendapat gelar “Mahasiswa Abadi” (karena tidak segera lulus)? Karena kebanyakan dari mereka kena dampak dari mahasiswa lain yang memang nakal dan tidak tau bagaimana cara menjadi mahasiswa yang organisatoris yang akademis. Dalam hal ini organisasi tidaklah bersalah, yang salah adalah individu-individu perusak dalam organisasi tersebut, yang mana mereka mencoreng nama baik organisasi mereka sendiri serta membawanya kedalam dunia kampus.

“Kegiatan dalam organisasi baik intra maupun ekstra tidak akan pernah mengganggu aktivitas kuliah kita!”

Apakah benar begitu? Ketika ada pertanyaan seperti itu saya akan kembali bertanya, “Apa alasan anda mengikuti organisasi yang anda ikuti saat ini?”, jika jawaban anda adalah karena suka dengan organisasi tersebut saya yakin anda pasti tau cara memenej waktu antara kesukaan anda dengan kewajiban anda.

Kesukaan anda adalah menghafal al-Quran dan kewajiban anda adalah sholat, apakah menghafal al-Quran akan menghambat kegiatan sholat anda? Tidak! Malahan kegiatan menghafal dapat menunjang kegiatan sholat anda. Apakah sholat mengahambat kegiatan menghafal anda? Tidak juga! Karena anda bisa melakukannya secara serentak.

Sebenarnya organisasi itu sama dengan perumpamaan diatas, tidak akan menghambat aktivitas anda yang lain. Jika memang organisasi benar-benar sesuai dengan kesukaan anda, pastilah kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan serta tidak akan menghambat kegiatan anda lainnya. Namun, jika anda merasa organisasi itu bukanlah kesukaan anda, saya akan bertanya “Kenapa anda mengikuti organisasi tersebut?”.

Anda akan merasa terbebani jika organisasi yang anda ikuti bukanlah kesukaan anda, dan organisasi yang ada dilingkungan anda bukanlah organisasi yang wajib anda ikuti, karena sebuah organisasi tidak menuntut semua mahasiswa untuk berada didalamnya, namun mengajak siapapun yang suka dengan organisasi tersebut, sehingga tujuan dari organisasi tersebut bisa tercapai dengan adanya mahasiswa yang suka dengannya bukan malah membuat onar didalamnya. Ikutilah organisasi yang sesuai dengan kesukan serta bakat minat anda, dengan begitu anda tidak akan merasa terbebani dan tidak akan pernah merasa waktu anda sangat sedikit atau bahkan tidak ada waktu.

Berorganisasilah namun anda harus tau dengan organisasi mana anda seharusnya bergabung, dan jangan pernah menjadi mahasiswa tanpa organisasi karena itu akan menjadi layaknya sebuah kopi tanpa gula, “pahit” ya pahit bahkan sangat pahit.

Advertisements

About Admin

Menyelami Dunia Aktivis...

Posted on 23 February 2015, in CORETAN PENA, ISENG-ISENG, PEMIKIRAN BIASA and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

NALAR PSIKOLOGI

Mengungkap Istilah, Konsep Teori para Tokoh Psikologi, serta Rekam Jejaknya dalam Lantunan Sejarah, Perkembangan, hingga Masa Kejayaan

KINI IN ACTION

Kembali Ke Islam, Kembali Ke Fitrah

ARTLESSLY FIT

Health & fitness in the most simple, cost-effective and straightforward ways

MEDITASITE

Fadlur Rahman Official Site

Obat Ambeien Indonesia

Mengobati Ambeien Atau Wasir Dengan Cepat Dan Aman Yakni Ace Maxs Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Jari Manis Indonesia

Aktivasi kekuatan Pikiran

Mega Putih Outbound Provider

Your Partner Of Improvement!

Wisata Kuliner Arema

Find Food For Mood

Melancholia

a pleasure of being sad.

Tips dan Tricks

Indahnya Bebagi

%d bloggers like this: