Fakta Musik Dalam Kehidupan


“Musik adalah cahaya yang mengisi kehidupan manusia, sebuah perasaan yang dilantunkan dari suara hati seseorang yang ingin membuat hidup nya jauh lebih berarti dari sebuah pelajaran yang telah ia rasakan”

fakta musik dalam kehidupanMusik yang setiap hari kita dengar ternyata mempunyai manfaat dan pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari, setelah beberapa bulan lalu mimin memaparkan tentang “Musik Tingkatkan Kecerdasan Otak” kali ini mimin akan menguak beberapa fakta tentang musik dalam kehidupan kita.

Musik bisa meningkatkan suasana hati Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada pada tahun 2011 dan diterbitkan oleh jurnal Nature Neuroscience menyebutkan bahwa musik bisa meningkatkan mood baik. begitupun dengan penelitian di McGill University Montreal yang menyebutkan jika mendengarkan musik bisa membantu tubuh dalam melepaskan hormon dopamin yang berhubungan dengan rasa senang dan bahagia.

Selain itu, musik tak sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna untuk membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memaknai hidup ini secara lebih indah. Mendengarkan musik, menghayati dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman. Efek inilah yang menimbulkan reaksi positif pada kondisi fisik dan psikis manusia, termasuk  saya dan kita. Lalu apakah manfaat musik yang sebenarnya dalam kehidupan kita sehari-hari?

Pertama, musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik mampu menghasilkan stimulan yang bersifat ritmis. Karena mempengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga berlangsung dengan lebih baik. Metabolisme yang lebih baik akan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekebalan yang lebih baik. Dengan sistem kekebalaan yang lebih baik, tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit.

Kedua, musik dapat meningkatkan fungsi kerja otak kita. Hal tersebut di karena musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang membuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Bila hal ini sering dilakukan, fungsi kerja otak kita akan semakin prima, sehingga kemampuan berpikir kita lebih jernih dan tajam, serta bisa mencegah kepikunan. Karena itu, rangsangan dari musik yang diperdengarkan juga dapat meningkatkan kemampuan kreativitas, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.

Ketiga, musik bisa menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual.

Keempat, musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antarmanusia karena musik mampu memadukan perbedaan, menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan. Sering kali peran dan manfaat musik sebagai sarana pergaulan dan media komunikasi yang bisa dipahami semua orang, sekalipun kita tidak memahami bahasa tiap-tiap bangsa. Dalam kehidupan nyata sehari-hari pun, musik sering kali menjadi alat komunikasi dengan orang yang kita cintai, mewakili perasaan hati, ungkapan kerinduan bahkan kemarahan.

Musik dapat membantu proses penyembuhan Studi di University of Kentucky menyebutkan bahwa pasien yang mendengarkan musik sebelum, selama, dan sesudah menjalani operasi menunjukkan tingkat stres dan takut, serta rasa sakitnya berkurang dibandingkan dengan yang tidak mendengarkan musik.

Berkaitan dengan manfaat musik tersebut, jenis-jenis musik juga sangat mempengaruhi manfaat yang dirasakan setiap orang. Musik bisa memunculkan kembali semangat dan motivasi untuk melakukan sesuatu yang berguna. Dengan musik, kita tidak saja mampu menghayati dan meresapi alunan nadanya, tetapi juga mampu memahami diri dan orang lain di sekitar kita.

Musik rap menjadikan kita lebih kreatif Penelitian menyebutkan bahwa musik rap yang diciptakan secara spontan dapat mengaktifkan syaraf penting diotak yang berhubungan dengan kreativitas dan memancing munculnya ide-ide cemerlang.

Bahkan berbagai penelitian menyatakan bahwa musik menjadi salah satu pelepas stres, mencerdaskan otak, menenangkan, dan lain sebagainya. Namun semua itu tentunya tergantung jenis musik apa yang Anda nikmati.

Advertisements

About Admin

Menyelami Dunia Aktivis...

Posted on 7 November 2013, in BELAJAR, PEMIKIRAN BIASA, PENELITIAN and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

NALAR PSIKOLOGI

Mengungkap Istilah, Konsep Teori para Tokoh Psikologi, serta Rekam Jejaknya dalam Lantunan Sejarah, Perkembangan, hingga Masa Kejayaan

KINI IN ACTION

Kembali Ke Islam, Kembali Ke Fitrah

ARTLESSLY FIT

Health & fitness in the most simple, cost-effective and straightforward ways

MEDITASITE

Fadlur Rahman Official Site

Obat Ambeien Indonesia

Mengobati Ambeien Atau Wasir Dengan Cepat Dan Aman Yakni Ace Maxs Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Jari Manis Indonesia

Aktivasi kekuatan Pikiran

Mega Putih Outbound Provider

Your Partner Of Improvement!

Wisata Kuliner Arema

Find Food For Mood

Melancholia

a pleasure of being sad.

Tips dan Tricks

Indahnya Bebagi

%d bloggers like this: